Rabu, 05 Juni 2013


Trik Mengubah Flashdisk Menjadi RAM

 
Share this history on :
0digg



Banyak yang bertanya, bagaimanakah tips dan trik mengubah flashdisk menjadi RAM untuk laptop? Karena banyak yang bertanya demikian, maka pada postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa caranya agar para pembaca blog saya ini menjadi lebih tahu lagi mengenai komputer dan perangkatnya. RAM pada laptop memang terkadang mempunyai kapasitas yang sedikit, dan hal ini yang menyebabkan munculnya inspirasi untuk memanfaatkan flashdisk menjadi sebuah RAM.

Mungkin faktor ekonomi juga yang mempengaruhi adanya cara ini. Jika RAM laptop kapasitasnya kurang, mungkin kita akan berpikiran untuk menambah kapasitasnya. Namun harga RAM laptop ini tergolong mahal bagi kelas menengah ke bawah. Harganya ratusan ribu, dan banyak yang berpikiran untuk mengurungkan niatnya membeli RAM.

Tapi anda tak usah galau maupun risau. Kini, semua masalah anda akan teratasi. Oke, tips dan trik mengubah flashdisk menjadi RAM akan segera anda pelajari. Teknik ini disebut dengan virtual memory. Apa itu virtual memory? Virtual memory adalah teknik komputasi yang menyebabkan perangkat seperti harddisk atau media penyimpanan lain dirubah fungsinya menjadi layaknya RAM.




Nah, daripada kelamaan kita ngobrol, dan lama-lama juga ngantuk, mendingan kita langsung menuju ke action. Lebih baik action daripada terus membaca tanpa mempraktekkan. Oke, ini dia tips dan trik mengubah flashdisk menjadi RAM:
Yang pertama, ada baiknya jika kita terlebih dahulu menyiapkan secangkir kopi panas untuk menemani anda yang lagi galau.
Daripada tambah galau, ayo langsung praktek. Siapkan flashdisk dengan kapasitas berapa saja, namun jangan kebangetan. Misalnya kapasitas 256 MB. Ini namanya kebangetan.
Siapkan satu port untuk tempat flashdisk. Perlu diingat, port ini sangatlah special, melebihi pacar anda sendiri, jadi jangan dimasukin selain flashdisk yang akan dijadikan RAM. Anda pasti tak mau kan, pacar anda dimasukin selain sama anda? Nah, makanya, port ini fungsinya seperti pacar anda yang hanya melayani anda. Anda berperan sebagai flashdisk tersebut.
Masuk ke windows explorer, lalu rename flashdisk anda menjadi ‘RAM Drive’. Mengapa demikian? Sudah, jangan kebanyakan nanya, saya juga ngga tau kenapa sebabnya, tapi kalau mau berhasil ya ikutin caranya.
Lalu masuk pada My Computer, pilih properties, Advanced, klik Setting.
Pilihlah tab Advanced. Lalu plih change. Loh, kok ngga ada gambarnya sih? Sudah, mau ikutin cara ane ngga? Kalo ngga suka tinggal kasih komentar atau kontak ane aja. Gitu aja kok repot. Hehehe, becanda.
Lalu yang anda harus lakukan adalah memilih port yang anda masukin flashdisk.
Pilihlah custom size. Namun anda harus ingat, sisakan ruang kosong di dalam flashdisk anda sebanyak 5 MB. Misalkan kapasitas flashdisk anda adalah 512 MB, maka anda menuliskan di situ adalah 507 MB.
Lalu klik Set. Kemudian klik Apply. Barulah klik tombol OK.
Jika ada perintah untuk restart computer, maka yang harus anda lakukan adalah mengikuti perintah tersebut karena itu adalah perintah dari jendral. Wkwkwk.
Taraaaaaaa. Komputer anda sudah bisa dimasukin flashdisk sebagai RAM.
Namun ada tumbal yang harus anda penuhi. Tumbal itu bukanlah orang atau kembang 7 rupa, hehe. Tumbalnya adalah: flashdisk anda tidak boleh digunakan untuk aktifitas apapun kecuali untuk RAM di laptop anda. Syarat yang kedua adalah jangan mencabut flashdisk yang digunakan untuk RAM saat komputer anda masih dalam keadaan hidup. Mengapa demikian? Karena jika anda melanggar syarat itu, maka komputer anda akan menjadi crash.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar